Kamis, 24 Februari 2011

Desa Sukamantri Akan Kembangkan Kawasan Ternak Domba


Ciamis, LINTAS PENA

Bila melihat potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) di bidang peternakan, maka tidaklah berlebihan bila Desa Sukamantri di Kec.Sukamantri Kab.Ciamis ini akan berusaha untuk mengembangkan kawasan ternak, terutama jenis domba garut (plus domba lokal unggul) dan kambing.

“Karena itu, kami berharap kepada Pemkab Ciamis agar dapat mewujudkan keinginan para peternak dan masyarakat di desa kami yakni ingin memiliki Pasar Ternak Domba, arena kontes dan kawasan pengembangan ternak (pembibitan, penggemukan, pemeliharaan) dalam satu lokasi,”ungkap Ir.Uteng Kuswanda, Kepala Desa Sukamantri disela-sela menyaksikan acara “Kontes Seni Ketangkasan Domba Adu” tingkat Jawa Barat di Lapangan Tower pada hari Minggu kemarin.

Ir.Uteng Kuswanda menjelaskan, bahwa sumber daya alam yang dimiliki Desa Sukamantri ini antara lain; ketinggian daerah 800 dpl sangat cocok untuk beternak domba, kemudian memiliki kawasan ‘pangangonan’ rumput seluas 10 hektar di Cimuncang, juga lahan pertanian terpadu (hortikultura, tanaman pangan dan ternak) cukup luas yang digarap oleh anggota Kelompok Tani Karya Mukti 3 Desa Sukamantri.

“Sedangkan SDM-nya, yakni para peternak yang umumnya anggota kelompok tani sudah terbiasa beternak domba dan memiliki keahlian memelihara ternak domba cukup memadai,”ungkap Kepala Desa Sukamantri yang sarjana peternakan ini.

Uteng Kuswanda mengatakan alasan akan mengembangan kawasan ternak domba di Desa Sukamantri, karena sebagai salah satu komoditas unggulan di bidang peternakan, domba dan kambing memiliki prospek untuk terus dikembangkan. Hal itu sejalan dengan kebutuhan masyarakat pada ternak jenis ini. Berbagai upaya pun dilakukan oleh para peternak untuk meningkatkan daya saing mereka.

“Dalam rangka mendorong untuk mewujudkan perekonomian nasional yang sehat, juga memandang domba dan kambing mampu menciptakan peluang ekonomi untuk meningkatkan pendapatan, membantu menciptakan lapangan kerja, dan melestarikan serta memanfaatkan sumberdaya alam pendukung peternakan.”paparnya.(REDI MULYADI)***

1 komentar:

  1. kecamatan yg dpt bantuan terbesar dari pemerintah tiap tahun di kabupaten ciamis itu di kec. sukamantri coba cari info ke pa.camat dan kepala BP3K.... bahkan sekarang informasinya mau dibangun SMK Pertanian.... di kecamatan sy padaherang jauh tertingal dari itu semua.

    BalasHapus