Senin, 03 Oktober 2011

Kelompok Tani Karya Mukti 3 Sukamantri Kini Miliki “UPPO” Rumah Kompos Sendiri



BERKAT keseriusannya Agus Pariwa ST (35) dalam menggeluti usaha tani, maka Kelompok Tani “Karya Mukti 3” Desa Sukamantri – Kec.Sukamantri Kab.Ciamis yang dipimpinnya kini memiliki “Uppo” Rumah Kompos sendiri untuk memenuhi kebutuhan pupuk organic anggota kelompok taninya.Agus Partiwa berhasil menyerap dan memanfaatkan bantuan pemerintah pusat melalui program LM-3 sebesar Rp.350 juta untuk mengelola ternak sapi sekaligus membangun “Rumah Kompos” sebagai sarana Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) di lahan seluas 1 hektar.Bahkan, kini produksi pupuk organic yang dihasilkannya mencapai 10 ton per bulan.

“Dengan adanya Rumah Kompos ini besar sekali manfaatnya bagi para petani tanaman padi maupun hortikultura di Sukamantri, khususnya bagi anggota Kelompok Tani Karya Mukti 3 dan petani sekitar. Kebetulan sekali, bahan baku untuk pembuatan pupuk kompos di sini cukup melimpah, termasuk untuk pakan ternak sapi,”ungkap sarjana teknik ini.

Agus mengakui, kegigihannya menggarap usahatani terpadu dan sukses memimpin Kelompok Tani Karya Mukti 3, tidak terlepas dari bimbingan secara intensif dari para petugas penyuluh BP3K Model Sukamantri pimpinan Itang S.PKP, serta adanya kepedulian Camat Sukamantri Drs.H.Adang Daradjat MM. “Pada mulanya, saya tidak tertarik menggeluti usaha pertanian. Namun, setelah sering komunikasi dengan Pak Itang, akhirnya saya menemukan setor usaha pertanian yang menjanjikan keuntungan dan punya masa depan,”katanya.

Dengan mengikuti berbagai bentuk penyuluhan secara intensif dari BP3K Model Sukamantri dan seering melakukan praktek lapangan sejak empat tahun silam, akhirnya kini Agus Partiwa menjadi sosok petani muda sekaligus pengusaha yang sukses di bidang pertanian.

Bahkan, kini ia telah mampu berbagi ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman seputar dunia pertanian kepada petani lain, khususnya kepada para anggota Kelompok Tani Karya Mukti 3 yang dipimpinnya.”Saya selalu bertukar pikiran dan berbagi ilmu pengetahuan dengan anggota kelompok tani agar mereka menjadi petani yang pintar, sehingga tidak dibodohi pihak lain, misalnya dalam pemasaran atau informasi pasar dan lainnya,”papar Agus Partiwa.

Dengan adanya motivasi yang besar dari BP3K Model Sukamantri, maka Kelompok Tani Karya Mukti 3 pimpinannya mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat melalui program LMTRI, dengan membuat kandang pemeliharaan ternak sapid an “Rumah Kompos “ UPPO semi permanen untuk digunakan sebagai tempat untuk mendaur ulang limbah ternak sapi menjadi pupuk organic yang berkualitas yang banyak dibutuhkan anggota kelompok tani maupun para petani di wilayah Desa Sukamantri dan sekitarnya.

“Kami harap, rumah kompos ini bisa dimanfaatkan anggota Kelompok Tani “Karya Mukti 3” Desa Sukamantri maupun para petani yang ada di wilayah Kec.Sukamantri, demi kemajuan dunia pertanian di wilayah Kab.Ciamis bagian utara,”tutuurnya. (REDI MULYADI)****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar